Kamis, 24 November 2016 - 12:16:55 WITA
Sekretaris Badan Litbang dan Inovasi Kunjungi Mini Ranch Rusa
Diposting oleh : Administrator
Kategori: Konservasi - Dibaca: 508 kali

Sekretaris Badan Litbang dan Inovasi kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Bapak Ir. Tri Joko Mulyono, MM mengunjungi penangkaran rusa Timor, Selasa 15 November 2016. Penangkaran rusa yang dikelola Balai Penelitian dan Pengembangan Lingkungan Hidup dan Kehutanan Kupang (BPPLHK Kupang) terletak di Buat Soe. Penangkaran harus memberikan nilai lebih terhadap stake holder yang ada ujar Tri Joko menanggapi informasi mengenai banyaknya pengunjung yang melihat rusa ataupun mengadakan kegiatan pendidikan di Penangkaran rusa tersebut.

Penangkaran rusa Timor yang berada di Buat Soe Kabupaten Timor Tengah Selatan memiliki luas 5 ha dengan sistem pengelolaan mini ranch.  Pada sistem ini, rusa di lepaskan dalam kandang yang luas.

Rusa yang ada terlihat gemuk dan sehat.  Pemeliharaan dengan sistem ini memberikan dampak positif terhadap perkembangan rusa.

“Jumlah rusa yang ada di penangkaran ada 20 ekor” ujur Junus Betty, Staf BPPLHK Kupang yang menjadi pengelola Stasiun penelitian Buat.  Lebih lanjut Junus merinci bahwa jumlah 20 ekor tersebut terdiri induk jantan 6, induk betina 4, remaja jantan 4,  remaja betina 2 dan anak jantan 4. [an]