Jumat, 13 Mei 2016 - 15:54:28 WITA
Resensi Buku Habitat Dan Keanekaragaman Burung Teluk Kupang
Diposting oleh : Administrator
Kategori: Konservasi - Dibaca: 593 kali

Penulis :Oki Hidayat , S.Hut
Editor : Maria Rosdalima Panggur, kayat
Penerbit : IPB Press
Deskripsi Fisik : xii + 58 Halaman
ISBN : 978-979-493-895-9
Resensor : Ali Ngimron, S.Hut, M.Eng

Keberadaan Teluk Kupang memiliki peranan penting bagi entitas di Nusa Tenggara Timur. Tidak hanya masyarakat sekitar yang menggantungkan kebutuhan pada teluk kupang, namun juga satwa – satwa yang ada juga bergantung pada teluk Kupang.
Teluk Kupang merupakan habitat dari berbagai macam satwa. Beberapa jenis satwa yang ada di teluk kupang diantaranya adalah burung, serangga, mamalia, reptile dan amfibi.
Buku ini merupakan panduan singkat untuk pengenalan habitat dan satwa yang ada di Teluk Kupang. Terdapat lima bagian pembahasan mengenai teluk kupang. Bagian pertama mengulas mengenai profil ekosistem Teluk Kupang. Terdapat beberapa ekosistem yang dapat dijumpai di Teluk Kupang, yaitu ekositem mangrove, Ekosistem Hutan Dataran Rendah, Ekosistem hamparan lumpur, Ekosistem Pantai, ekosistem rawa rumput musiman, Ekosistem Estuaria, Ekosistem tambak dan Ekosistem Persawahan.
Bagian kedua menyajikan mengenai nilai penting teluk kupang bagi burung. Hal ini terutama berkaitan dengan kegiatan migrasi burung air.
Bagian ketiga mengulas mengenai peluang dan tantangan pengelolaan teluk Kupang. Potensi yang dimiliki oleh Teluk Kupang tidak bisa lepas Dari tantangan yang dapat menyebabkan kerusakan. Akumulasi sampah di muara sungai, pembangunan yang pesat di sekitar pesisir pantai, penebangan pohon di hutan mengrove dan perburuan satwa liar merupakan penyebab terjadinya lkerusakan di Teluk Kupang.
Bagian keempat menjelaskan petunjuk pengamatan burung. Bab ini mengulas info – info teknis tatacara penangamatan burung di Teluk Kupang
Bagian kelima mengulas deskripsi jenis – jenis burung di Teluk Kupang. Terdapat 20 jenis burung yang diulas berdasarkan nama, suku, status deskripsi, tips identifikasi, habitat dan info tambahan. Ke 20 jenis burung tersebut adalah undan Kacamata (pelecanus conspicillatus), Ibis-sendok raja (Platalea-ragia), Kuntul kecil (Egrettagarzetta), Cerek topi-merah (charadrius ruficapillus), Trinil bedaran (tringa cinereus), Kedidi putih (Calidris alba), Kedidi golgol (Calidris ferruginea), Kedidi paruh-lebar (Limicola falcobellus), Biru-laut ekor-blorok (Limosa lapponica), Terik australia (stiltia isabella), Elang paria (Milvus migrans), Perkutut loreng (Geopelia maugei), Cekakak sungai (todiramphus chloris), Kirik-kirik Australia (Merops ornatus), Layang-layang batu (Hirudotahitica), Apung sawah (Anthus rufulus), Cici padi (Cisticola juncidis), Isap-madu australia (Lichmera indistincta), Burung madu-matari (Nectariasolaris), serta Pipit zebra (Taeniopygia guttata).