Kamis, 23 Oktober 2014 - 13:02:13 WIB
Harapan Bumi Cendana
Diposting oleh : Administrator
Kategori: Konservasi - Dibaca: 1330806 kali

Foristkupang.org (23/10/2014) – Suasana pagi yang menyejukkan di sekitaran kota Kupang yang sedikit mendung membuat perasaan damai. Pagi ini kami berencana mengunjungi desa ponain di kecamatan Amarasi untuk melihat lokasi pencanangan cendana berbasis masyarakat. Di Desa inilah pada tahun 2009 Menteri Kehutanan RI yang kala itu di pimpim oleh Dr. (HC) H.M.S Kaban meresmikan Lokasi Pencanganan Cendana Berbasis Masyarakat.

Diharapkan dengan kegiatan ini seluruh elemen masyarakat di Nusa Tenggara Timur khususnya pulau timor dapat kembali membudidayakan dan menanam pohon cendana di lingkungannya. Melihat tanaman cendana yang ada di desa ini tumbuh subur dan perkembang dengan baik.

Ada rasa kebanggaan tersendiri bagi Balai Penelitian Kehutanan Kupang, yang telah berkontribusi dalam melestarikan dan mengembalikan cendana di bumi Nusa Tenggara. Cendana sebagai tanaman khas dari Timor merupakan sebuah kebanggaan bagi masyarakatnya. Di harapkan dengan kegiatan semacam ini mampu mengembalikan wangi cendana di Bumi Flobamora.

Cendana sebagai tanaman khas asli Nusa Tenggara telah banyak di eksploitasi secara berlebihan. Spesies ini telah digunakan, dibudidayakan dan diperdagangkan selama bertahun-tahun sehingga terancam punah. Peran serta Masyarakat, Pemerintah Daerah dan Seluruh Elemen Masyarakat di Nusa Tenggara Timur diharapkan mampu membuat cendana kembali tumbuh subur dan lestari di provinsi ini. (fee)