Jumat, 03 Maret 2017 - 13:00:00 WITA
Sosialisasi Manajemen Informasi Ilmiah
Diposting oleh : Administrator
Kategori: Konservasi - Dibaca: 397 kali

Kupang (20/2/2017) - Manajemen informasi ilmiah merupakan salah satu strategi pendayagunaan informasi dari hasil-hasil penelitian.

Balai Penelitian dan Pengembangan Lingkungan Hidup dan Kehutanan Kupang (BPPLHKK), selaku intitusi penelitian di bidang kehutanan, terdorong untuk mengelola hasil-hasil penelitian yang dihasilkan oleh para penelitinya melalui kegiatan pengelolaan database penelitian. Cakupan kegiatan tersebut meliputi pengumpulan informasi ilmiah, pengolahan dan pengorganisasian informasi tersebut serta pengemasan ulangnya. Selain itu, pengelolaan informasi ilmiah yang baik akan meminimalkan resiko kehilangan dan atau kerusakan.

Berdasarkan hal diatas maka Seksi Data, Informasi dan Sarana Penelitian menyelenggarakan kegiatan 'Sosialisasi Manajemen Informasi Ilmiah'.

Kegiatan tersebut berlangsung pada hari Senin, 20 Februari 2017 bertempat di Aula Rapat BPPLHK Kupang. Sosialisasi ini diikuti oleh para peneliti, teknisi serta fungsional umum.

Pada kegiatan ini, pengelola database penelitian memaparkan kondisi serta capaian pengelolaan hasil penelitian tingkat satuan unit kerja. Diakhir pemaparanya, pengelola database penelitian mengusulkan agar hasil-hasil penelitian dikemas ulang dengan format informasi terseleksi sehingga para akademisi maupun mitra sejawat peneliti dapat mengetahui kemajuan hasil-hasil penelitian yang telah dan sedang dilakukan. ***pinusa***